Awalnya, sebagai salah satu penikmat franchise ‘Jurassic Park,’ kehadiran film ini menjadi salah satu momen nostalgia. “Jurassic World Dominion” terlihat dari luar sebagai sebuah film yang akan membawa penonton teringat dengan bintang ‘Jurassic Park’ yang kini veteran, digabungkan dengan duo Howard-Pratt yang jadi bintang di trilogy yang terbaru.

Pada edisi ini, penonton akan diperkenalkan dengan situasi yang baru. Manusia hidup dengan dinosaurus yang sedang berupaya beradaptasi. Claire Dearing, yang diperankan oleh Bryce Dallas Howard, kini aktif untuk bertindak dari aksi ilegal manusia pada hewan purbakala itu. Ia hidup bersama Owen Grady, diperankan oleh Chris Pratt, di sebuah kabin di pelosok Siera Nevada. Mereka berdua sambil menjaga Masie Lockwood, anak dari Benjamin Lockwood yang merupakan salah satu ilmuwan yang menemukan teknologi kloning dinosaurus.

jurassic world dominion
Courtesy of Amblin Entertainment, Latina Pictures, Perfect World Pictures, Universal Pictures © 2022

Pada setting cerita ini, penonton akan diperkenalkan dengan Biosyn, yaitu sebuah perusahaan biotech yang juga terbilang jahat. Salah satunya adalah menculik Masie. Terlepas dari peristiwa tersebut, Ellie Sattler, salah seorang konsultan awal Jurassic Park yang diperankan oleh Laura Dern, kembali mengajak rekan masa lalunya, Alan Grant, yang diperankan oleh Sam Neill, untuk dapat menumpas penjahat dibalik ancaman krisis pangan global. Satler untungnya mendapat akses dari Ian Malcolm, sosok dari installment kedua yang diperankan oleh Jeff Goldblum.

jurassic world dominion
Courtesy of Amblin Entertainment, Latina Pictures, Perfect World Pictures, Universal Pictures © 2022

Film yang ditulis dan disutradarai Colin Trevorrow ini terlihat dari awal terasa dipaksakan. Mengangkat masalah dinosaurus yang berupaya beradaptasi dengan kehidupan manusia ini yang memberi kejanggalan. Dalam benak saya, bila manusia telah terganggu dengan dinosaurus, seharusnya kehancuran dunia jauh lebih cepat tidak seperti yang ditampilkan film ini.

jurassic world dominion
Courtesy of Amblin Entertainment, Latina Pictures, Perfect World Pictures, Universal Pictures © 2022

Secara alurnya, film ini terasa seperti nostalgia. Akan ada sisi petualangan dari karakter-karakter comeback, trio Sattler-Malcolm-Grant, yang terasa berbalapan dengan petualangan Grady-Dearing. Oh iya, di film ini terdapat karakter pendukung tambahan, yaitu Kayla Watts dan Ramsay Cole, yang diperankan DeWanda Wise dan Mamoudou Athie. Alhasil, film ini tidak seperti film-film sebelumnya yang memperlihatkan kesan game of survival yang seringkali menewaskan supporting role-nya. Bedanya, di film ini terasa begitu soft, semua ensemble cast tampak sempurna sampai di akhir film.

jurassic world dominion
Courtesy of Amblin Entertainment, Latina Pictures, Perfect World Pictures, Universal Pictures © 2022

Dengan mengusung durasi hampir lebih dari 2 jam, film ini tepat sekali menjadi tontonan pengiring tidur. Sebagai seseorang sejak dini cukup amaze dengan franchise ini, film ini tampil seperti sebuah kegagalan. Saya tidak merasakan sesuatu yang terhibur sedikitpun, terlepas dari kehadiran trio veteran ini. Aksi dinosaurus yang dihadirkan juga tidak akan membuat melongo. Dari sejak awal kemunculannya, kualitas CGI yang dihadirkan terasa begitu kasar, seraya mengingatkan saya dengan sinema dari 2000-an, sebut saja “The Golden Compass.”

jurassic world dominion
Courtesy of Amblin Entertainment, Latina Pictures, Perfect World Pictures, Universal Pictures © 2022

Kehadiran ‘Blue’ si dinosaurus juga kurang amat dimaksimalkan dalam penceritaannya. Padahal, salah satu yang saya tunggu dari film selanjutnya adalah bagaimana kelanjutan Blue. Disini terlihat betul jika penulis cerita sudah kehilangan fokus dan kerumitan cerita yang dibuat, dan jadi tidak berkesan sama sekali.

Walaupun dari sisi scoring digawangi Michael Giacchino terasa lumayan, hasilnya, “Jurassic World Dominion” is a big NO. Ini sebuah kekecewaan. Film ini seperti amat tidak layak untuk menjadi bagian dari trilogy Jurassic World.’ Saran saya, mohon jangan teruskan lagi franchise ini bila kualitasnya seperti ini. Jika membandingkan dengan franchise ‘Top Gun’ yang baru-baru ini dilanjutkan, ini seperti perbandingan langit dan bumi. It was too bad.

Jurassic World Dominion (2022)
PG-13, 146 menit
Action, Adventure, Sci-Fi
Director: Colin Trevorrow
Writer: Emily Carmichael, Colin Trevorrow, Derek Connolly, Michael Crichton
Full Cast: Chris Pratt, Bryce Dallas Howard, Laura Dern, Sam Neill, Jeff Goldblum, DeManda Wise, Mamoudou Athie, Isabella Sermon, Campbell Scott, BD Wong, Omar Sy, Daniella Pineda, Scott Haze, Dichen Lachman, Kristoffer Polaha, Caleb Hearon, Freya Parker, Alexander Owen, Ahir Shah, Elva Trill, Teresa Cendon-Garcia, Manuela Mora, Bastian Antonio Fuentes, Jasmine Chiu, Varada Sethua, Ben Ashenden, Enzo Squillino Jr., Glynis Davies, Mo Brings Plenty, Emilie Jumeaux, Aisling Sharkey, Joel Elferink, Elan Ross Gibson, Cokey Falkow, Dimitri ‘Vegas’ Thivaios, Eleanor Tata, Joe Azzopardi, Lynn Hunter, Ben Cooke, Cathleen Summers, Patrick Loungway, Michael Bendiber, Yasmine Bouabid
#621 – Jurassic World Dominion (2022) was last modified: Juni 17th, 2022 by Bavner Donaldo