Seperti judulnya, film ini berkisah tentang sepasang kekasih yang harus menjalani sebuah “ujian” sebelum mempersiapkan pekerjaannya. Film bertema komedi romantis ini memiliki kisah yang berpusat pada sepasang kekasih yang bernama Sadie Jones dan Ben Murphy.

Bagian awal film akan dibuka dengan sebuah narasi oleh Reverend Frank, yang diperankan oleh Robin Williams. Franks memulai menceritakan bagaimana seorang wanita bertemu dengan seorang pria, lalu hidup bersama, dan memutuskan untuk menikah. Ini digambarkan secara singkat bagaimana Sadie, yang diperankan oleh Mandy Moore, bertemu dengan jatuh cinta dengan Ben, yang diperankan oleh John Krasinski.

Ketika keduanya memutuskan untuk menikah, keduanya memilih Chapel St Augustine sebagai tempat pilihan mereka. Maklum, Sadie sudah mendambakan hal ini sejak Ia masih kecil. Ternyata, keputusan ini akan membawa mereka sebuah program pra-pernikahan yang dibuat khusus oleh Reverend Frank.

37-picture6
Courtesy of Warner Bros., Village Roadshow Pictures, Robert Simonds Productions, Phoenix Pictures, Proposal Productions, Underground © 2007

Program ini cukup menarik. Karena pasangan ini memutuskan untuk menikah kurang dari dua bulan, sekitar tiga minggu lagi karena jadwal pernikahan yang penuh, maka keduanya mendapatkan sebuah program kilat. Ada beberapa aturan utama, seperti harus saling menulis sumpah pernikahan mereka tanpa saling mengetahui serta aturan tidak boleh seks sampai hari pernikahan. Menurut Ben, aturan kedua adalah yang tersulit baginya.

Film ini akan memperihatkan penonton sebuah kelucuan diantara keduanya yang selalu mendapatkan tugas-tugas “aneh” dari sang Reverend. Mulai dari menjalani one day tour at hospital, untuk melihat bagaimana rasanya untuk melahirkan, lalu diakhiri dengan pemberian dua bayi robot berwajah jelek sebagai latihan mereka. Bagian ini cukup menarik robot bayi tersebut memiliki kemampuan layaknya bayi, yang sebetulnya tanpa mereka ketahui dikendalikan oleh Reverend Frank.

37-picture1
Courtesy of Warner Bros., Village Roadshow Pictures, Robert Simonds Productions, Phoenix Pictures, Proposal Productions, Underground © 2007

Sosok Reverend Frank memang terkesan antagonis pada awalnya. Dari sudut pandang Ben, Ia melihat pendeta ini seperti berusaha untuk menghancurkan rencana pernikahan. Tetapi bila dilihat dari sudut lain, Reverend Frank ternyata memiliki sebuah rencana yang baik. Walaupun pada akhirnya kedua berterima kasih dengan ujian pernikahan yang cukup sulit bagi keduanya.

Film ini sebetulnya lebih didominasi oleh sosok John Krasinski dan Robin Williams. Mandy Moore juga  tampil lebih dewasa dibanding penampilannya di “A Moment to Remember”.  Chemistry antara Moore dan Krasinski sebetulnya biasa saja, namun keduanya bisa menampilkan sentuhan-sentuhan komedi yang cukup garing dari keseriusan mereka. Berbeda dengan Williams, yang selalu hadir dengan ciri khasnya. Yang mencuri perhatian di dalam film ini adalah sosok choir boy asisten Reverend Frank, yang diperankan oleh Josh Flitter. Flitter yang masih kecil tampil seperti sosok “tuyul” yang menyeramkan buat pasangan ini.

37-picture7
Courtesy of Warner Bros., Village Roadshow Pictures, Robert Simonds Productions, Phoenix Pictures, Proposal Productions, Underground © 2007

Ada salah satu bagian yang cukup saya sukai dari film ini adalah musik acapella-nya, yang hampir mirip seperti musik dalam serial televisi “Glee” dan sejenisnya. Walaupun tidak memiliki lirik, menurut saya Christophe Beck menampilkan musik yang cukup sejalan dengan film-nya.

Dari kisahnya yang memang cukup sederhana, film yang selama 90 menit ini akan menghibur penonton.  Film yang disutradarai Ken Kwapis ini memang tidak membosankan, dan dapat menjadi sebuah tontonan yang tepat di waktu luang.

License to Wed (2007)
PG-13, 91 menit
Comedy, Romance
Director: Ken Kwapis
Writer: Kim Barker, Tim Rasmussen, Vince de Meglio, Wayne Lloyd
Full Cast : Robin Williams, Mandy Moore, John Krasinski, Eric Christian Olsen, Christine Taylor, Josh Flitter, DeRay Davis, Peter Strauss, Grace Zabriskie, Roxanne Hart, Mindy Kaling, Angela Kinsey, Rachael Harris, Brian Baumgartner, Jess Rosenthal, Val Almendarez, Nicole Randall Johnson, Tashana Haye, Sarah Kate Johnson, Travis T. Flory, Dominic Swingler, Devin Swingler, Diego Swingler, Cynthia Ettinger, Gillian Skupa, Poncho Hodges, Ruben Garfias, Kelsey Harper, David Quinlan, Irene Karas, Derek Green, Christine Cannon, Anelia Dyoulgerova, Nathan Barrett, Darla Fay, Sean Tyson, Chiu-Lin Tam, Guy Fauchon, Grant Gershon, Crispin Barrymore, Tania Batson, Joseph Bazyouros, Edie Lehmann, Paul Bent, Cindy Bourquin, Leanna Brand, Andy Brown, Karen Hogle Brown, Vicky Preston Brown, Alvin Chea, Leberta Lorál, Pablo Corá, Claire Seely Fedoruk, Amy Fogerson, Rachelle Fox, Michael Freed, Michael Geiger, Dylan Gentile, Scott Graff, Steven Harms, Saundra Hall Hill, Marie T. Hodgson, Clydene Jackson, Diana Zaslove Kahn, Teri Eiko Koide, Bob Lewis, Sean McDermott, Alice Kirwan Murray, Bobbi Page, Steve P. Pence, Fletcher Sheridan, Kevin St. Clair, Cahen Taylor, Carmen Twillie, Winter Watson, John West, Gerald White, Eyvonne Williams
#37 – License to Wed (2007) was last modified: Mei 29th, 2021 by Bavner Donaldo