On this second challenge, I will watch all Xavier Dolan’s movies. Dolan memulai debut featured-filmnya sejak “I Killed My Mother” yang dirilisnya melalui Cannes Film Festival pada tahun 2009. Di edisi kali ini, akan ada sebanyak 6 featured film yang merupakan hasil karya sutradara muda asal Kanada ini selama periode 2009-2016.

Sekilas Tentang Dolan

Terlahir di Kanada dan berasal dari keluarga aktor, Xavier Dolan telah memulai kariernya sebagai aktor muda. Ia memulai perjalanan kariernya sebagai aktor, lalu berlanjut dengan menjadi pengisi suara film-film Hollywood dalam versi Perancis, hingga akhirnya menjadi salah satu Cannes’ Swethearts.

Perjalanan kariernya sebagai seorang sutradara diawali sejak Ia memutuskan untuk mengangkat kisah yang terinspirasi dari pergolakan masa mudanya saat berusia 17 tahun. Pada usia tersebut, Ia menulis “I Killed My Mother,” yang hampir sebagian besar menceritakan akan relasi dengan Ibunya, kehidupan sekolahnya, hingga perjalanan cintanya. Di film pertamanya ini, Ia mendanainya sendiri dengan menggunakan seluruh tabungannya. Setelah itu Ia mendapatkan bantuan pendanaan dari SODEC, dan berhasil meloloskan filmnya untuk di-release di Cannes.

Walaupun terbilang sebagai sebuah karya yang terlalu ‘kekanakan,’ Dolan merupakan salah satu peraih terbanyak di edisi tersebut. Ia berhasil meraih tiga penghargaan, termasuk Director’s Fortnight dan Camera D’Or. Setelah itu, pada tahun-tahun berikutnya, produksi yang dihasilkan, seperti “Heartbearts” dan “Laurence Anyways” juga lolos ke dalam un certain regard selama dua tahun berturut-turut.

“I Killed My Mother” juga terbilang hebat. Walaupun terbilang film pertama, film ini memang tidak berhasil mendapatkan sambutan hangat untuk penghargaan yang terbaik di Kanada. Namun, film ini merupakan official entry Canada di Academy Awards pada tahun tersebut. Ini sudah terbilang pencapaian yang luar biasa.

Di tahun 2013, Ia mencoba peruntungannya di Venice Film Festival dengan memasukkan film “Tom at the Farm.” Setelah itu, Ia kembali ke Cannes dan memulai debutnya di section Official Selection lewat “Mommy.” Dibanding film-film sebelumnya, film ini terbilang yang paling sukses secara finansial dan sepanjang kariernya. Dolan kembali terpilih untuk mewakili Kanada di Academy Awards, dan untuk pertama kalinya meraih nominasi penghargaan Oscar.

Di tahun berikutnya, Ia menghadirkan “It’s Only the End of the World,” yang merupakan karya adaptasi pertamanya. Film ini juga terpilh sebagai salah satu official selection di Cannes. Disini, Ia berkolaborasi dengan ensemble cast yang terbilang oke, ada Marion Cottilard dan Gaspard Ulliel.

The Challenge

Di bawah ini merupakan daftar keenam film dari filmography Xavier Dolan.

  1. “I Killed My Mother” (2009)
  2. “Heartbeats” (2010)
  3. “Laurence Anyways” (2012)
  4. “Tom at the Farm” (2013)
  5. “Mommy” (2014)
  6. “It’s Only the End of the World” (2016)

 Kalian dapat melihat sekilas lewat gallery berikut ini:

Directed By Dolan was last modified: November 13th, 2020 by Bavner Donaldo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here