Empat orang tentara yang terjebak di sarang musuh menjadi tema utama “Fear and Desire.” Sebagai featured film pertama dari Stanley Kubrick, film ini tidak hanya menjadi yang pertama, tetapi yang terlupakan bila dibandingkan dengan judul-judul lain yang lebih fenomenal.

Film ini dimulai dengan sebuah narasi yang berusaha menjelaskan kisah mereka: “There is war in this forest. Not a war that has been fought, or one that will be, but any war. And the enemies who struggle here do not exist, unless we call them into being. This forest, then, and all that happens now is outside history. Only the unchanging shapes of fear – and doubt – and death – are from our world. These soldiers that you see keep our language and our time, but have no other country but the mind.”

109-Picture4
Courtesy of Kubrick Family © 1953

Berdurasi 62 menit, film bertemakan perang ini cukup agak sedikit membosankan saya. Adegan pertama bersetting di sebuah hutan, dimana keempat tentara ini sedang menyusun strategi untuk keluar dan menuju batalion mereka. Perjalanan ini kemudian menjadi semakin ricuh ketika mereka sudah mendekati sebuah pangkalan musuh mereka dan bertemu dengan seorang gadis. Gadis tersebut kemudian di sandera, dan hanya dijaga oleh seseorang di antara mereka. Salah satu dari mereka kemudian mencoba untuk melanjutkan usaha penyerangan secara solo dengan menggunakan rakit, guna membunuh atasan musuh, dan dua sisanya bertugas untuk mengamankan pos terdepan musuh.

109-Picture1
Courtesy of Kubrick Family © 1953

Sebagai sebuah film pertama Kubrick, tidak ada yang lebih dari rasa penasaran saya untuk menyaksikan film ini. Secara teknikal, film ini memainkan permainan ekspresi dan perpaduan pencahayaan dengan gambar film yang masih black-and-white. Kubrick memang terlihat sekali berusaha untuk menggambarkan ketakutan dan keinginan dari para tentara tersebut, seperti judul film ini. Kegelapan film ini juga ditambah dengan sentuhan musik penuh teror Gerald Fried.

109-Picture3
Courtesy of Kubrick Family © 1953

Dagi segi cerita, dengan bersetting di hutan dan mengambil unsur perang negeri antah berantah, terkesan sebagai film yang dikemas dengan sederhana dan dimanfaatkan semaksimal mungkin. Film ini lebih saya pandang sebagai sebuah eksperimen biasa yang tidak terlalu membanggakan, tetapi pada akhirnya memperlihatkan potensi dari seorang Stanley Kubrick yang melegenda.

Fear and Desire (1953)
Not Rated, 62 menit
War, Drama
Director: Stanley Kubrick
Writer: Howard Sackler
Full Cast : Frank Silvera, Kenneth Harp, Paul Mazursky, Stephen Coit, Virginia Leith, David Allen
#109 – Fear and Desire (1953) was last modified: November 18th, 2020 by Bavner Donaldo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here