Kembali ke tahun 1989, “Rent” mengajak penonton berkenalan dengan sebuah ‘komunitas’ bohemian yang melewati petualangan akan cinta, ketergantungan, kemiskinan, hingga perjuangan untuk bertahan dari virus. Film ini merupakan sebuah adaptasi sebuah musikal dari Broadway di tahun 1996, yang juga meraih Tony Awards untuk kategori Musikal terbaik.

Mark Cohen, diperankan oleh Anthony Rapp, gemar merekam berbagai aktivitas yang ada disekitarnya. Ia hidup bersama Roger Davis, diperankan oleh Adam Pascal, seorang gitaris yang juga seorang penderita HIV. Mereka tinggal di sebuah apartemen kumuh di East Village, New York City milik Benjamin Coffin III, diperankan oleh Taye Diggs, yang sebetulnya juga mantan rekan sekamar mereka.

213-Picture4
Courtesy of Rent Productions LLC, 1492 Pictures, Revolution Studios, Tribeca Productions © 2005

Suatu ketika, Tom Collins, diperankan oleh Jesse L. Martin, berniat untuk mengunjungi mantan rekan sekamarnya. Ia mengunjungi apartemen Mark dan Roger. Akan tetapi, baru saja mengambil kunci, Collins digebuk oleh kawanan penjahat dan terluka. Ia kemudian ditolong oleh seorang transgender bernama Angel Schunard, diperankan oleh Wilson Jermaine Heredia. Keesokan harinya, Collins bertemu dengan kedua rekannya ditemani Angel.

Collins pun merujuk dengan kehidupan rekan sekamar mereka. Mulai dari Benny yang kini menjadi menguasai tempat tinggal mereka, hingga Maureen, kekasih Mark yang telah menjadi Lesbian. Maureen, diperankan oleh Idina Menzel, meninggalkan Mark dan bertemu dengan kekasih barunya, Joanne, diperankan oleh Tracie Thoms. Disaat yang bersamaan, Mimi Marquez, diperankan oleh Rosario Dawson, diam-diam telah mengincar hati tetangganya, Roger.

213-Picture5
Courtesy of Rent Productions LLC, 1492 Pictures, Revolution Studios, Tribeca Productions © 2005

Jonathan Larson berhasil meraih 3 posthoumous Tony Award dan sebuah penghargaan Pulitzer akan karyanya ini. Keberhasilan ini belum ditambah dengan musikalnya yang menjadi salah satu musikal terbanyak tampil di Broadway, bertengger di posisi 11 saat ini, setelah digeser oleh musikal “Wicked”. Dalam versi filmnya, film ini disutradarai oleh Chris Columbus, yang juga sebelumnya menyutradarai dua film pertama “Harry Potter.”

Film ini punya durasi yang cukup panjang, lebih dari 2 jam. Untuk ukuran musikal, mungkin masih biasa. Namun, Columbus seakan cukup kehilangan arah dari ceritanya. Cerita di bagian pertengahan kemudian seakan berlanjut begitu saja, lewat rentetan berbagai tragedi dan agak sedikit membosankan. Sayang saja, mungkin versi dramanya masih ketimbang jauh lebih bagus.

213-Picture3
Courtesy of Rent Productions LLC, 1492 Pictures, Revolution Studios, Tribeca Productions © 2005

Dari sekian banyak lagu yang ditampilkan, favorit saya jatuh kepada “Seasons of Love”, salah satu featured songs yang dinyanyikan oleh kedelapan pemeran utama dan hadir beberapa kali. Sebagai sebuah pembuka, lagu ini sudah memberikan ekspektasi awal yang secemerlang lagunya. Pilihan berikutnya jatuh pada lagu “La vie Boheme,” yang dinyanyikan seluruh cast yang masing-masing punya porsi sama rata.

Yang menarik, hampir semua karakter utama dalam film ini diperankan oleh pemain versi Broadway yang asli, kecuali karakter Mimi (Daphne Rubin-Vega) dan Joanne (Fredi Walker). Saya tentu tidak perlu lagi cukup banyak komentar dengan kualitas akting mereka. Bicara kisahnya, “Rent” termasuk yang selangkah lebih maju. Film ini menyentil banyak aspek dari akhir 80-an yang masih menjadi topik bahasan hingga kini: HIV/AIDS, termasuk kehidupan LGBT yang tergambar dari karakter-karakter utamanya.

213-Picture2
Courtesy of Rent Productions LLC, 1492 Pictures, Revolution Studios, Tribeca Productions © 2005

Patut dikecewakan, “Rent” kurang berhasil menginspirasi seperti versi aslinya. Film ini tetap bukan film yang buruk. Ia tidak bisa bersanding seperti “Chicago”, “Hairspray” ataupun “Mamma Mia”, beberapa judul musikal yang hadir dan lebih sukses di era 2000-an.  Pada akhirnya, Ia hanya hadir sebagai sebuah alternatif musikal modern yang cukup menghibur untuk mengisi waktu luang anda.

Rent (2005)
PG-13, 135 menit
Drama, Musical, Romance
Director: Chris Columbus
Writer: Stephen Chbosky, Jonathan Larson
Full Cast: Anthony Rapp, Adam Pascal, Rosario Dawson, Jesse L. Martin, Wilson Jermaine Heredia, Idina Menzel, Tracie Thoms, Taye Diggs, Julia Roth, Porscha Radcliffe, Stephen Payne, Darryl Chan, Ken Clark, R.C. Ormond, David Fine, Mackenzie Firgens, Jason Foster, Daniel London, Aaron Lohr, Wayne Wilcox, Bianca Sams, Heather Barberie, Liisa Cohen, Sharon Ferrol-Young, Liz Ramos, Kristin Medwick, Katie Weber, Angela McConnell, Feleciana Stevenson, Kim Williams, Damia Foti, Laura Padierne, Kevin Hagan, Brian Delate, Aisha De Haas, Michael Rosales, Niyuk Hairell, Larissa Kiernan, Marco De La Cruz, Ericka Harden, Truc Luong, Megan Biolchini, Nick Scoggin, John Champion, Titus West, Renda Pettis, Alison De Olivera, Debbie De Coudreaux, Chris Chalk, Cory DuVal, Clarke Devereux, Corey Rosen, Shaun Earl, Matthew Dickens, Tara Nicole Hughes, Troy Christian, Gigi Hunter, Kevin Alexander Stea, Robert Prescott Lee, Sebastien Poffet, Linda Cevallos, Roosevelt Flenoury, Mike Garibaldi, Rod Arrant, Jennifer Siebel Newsom, Sarah Silverman, Daryl Edwards, Anna Deavere Smith, Kevin Blackton, Bettina Devin, Corinne Blum, David Stewart, Marcos Estebez, Emily Rahe, Vivis Colombetti, Nicole Cherie Flores, James Anthony Cotton, Jim Cranna, Randy Graff, Joel Swetow
#213 – Rent (2005) was last modified: November 27th, 2020 by Bavner Donaldo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here