“For Madmen Only” dibuka dengan sebuah pernyataan yang menarik. Versi terjemahan kasarnya: Bila anda tidak mengenal Del Close, maka anda belum mengenal komedi. Ternyata, statement ini yang membuat saya tertantang dan jadi makin penasaran dengan siapa sih sosok yang jadi pusat utama film ini.

Dokumenter ini mengisahkan cerita-cerita dari kehidupan Del Close. Del Close adalah seorang legenda improv yang oleh karenanya berhasil menghasilkan banyak notable student yang di dunia perkomedian. Mungkin jika Anda mengetahui film “Blues Brothers” yang diperankan oleh John Belushi, atau “Ghostbusters” yang diperankan Bill Murray dan Harold Ramis, ataupun duo Tina Fey dan Amy Poehler yang jebolan “Saturday Night Live” ataupun “Baby Mama.” Kalau anda mengenai nama-nama itu, tentunya sekarang anda mengerti kan siapa sumber tempat pembelajaran mereka.

for madmen only
Courtesy of One Road Studios, Sincerely Films © 2020

Film ini akan bercerita dari bagaimana Del Close memulai hidupnya dari masih kecil di Kansas. Penonton pun akan dikejutkan dengan cerita misteri kematian Ayah Close yang diduga melakukan bunuh diri dengan meminum asam sulfat. Sedari sana, kita akan menyaksikan sebuah perjalanan karir yang terasa tidak semulus dan seindah rekan-rekannya.

Ketika masuk ke dalam periode 50-an, dimana Close memiliki pertunjukan improv di Compass Studios bersama sutradara legenda yang juga komedian, Mike Nichols, dan Elaine May. Disini diceritakan bagaimana Close memiliki kedekatan Elaine May, dan menyusul ke New York City ketika Nichols dan May bersama sebagai besar pemain lainnya pindah.

for madmen only
Courtesy of One Road Studios, Sincerely Films © 2020

Film ini sebetulnya dibagi beberapa chapter yang selalu diawali dengan nama kota dan tahun dimana Close memulai perjalanannya di kota itu. Sebagai penonton, kita akan menyaksikan bagaimana sepanjang kehidupan Close Ia cukup bergumul dengan kecanduan obat-obat dan merupakan seorang perokok berat, sampai akhirnya Ia tutup usia di tahun 1999.

Sutradara Heather Ross, yang juga menyusun penceritaan dokumenter ini menyajikan “For Madmen Only” dengan tontonan yang padat dengan cuplikan komik kisah-kisah Close, yang saya duga diambil dari komik buatan DC Comics berjudul “Wasteland” yang memang digarap sang legenda, ditambah dengan sedikit reka ulang tanpa dialog guna memperjelas.

for madmen only
Courtesy of One Road Studios, Sincerely Films © 2020

Secara alur, cerita setting pembuatan “Wasteland” menjadi pemicu bagaimana rentetan peristiwa di dalam kehidupan Close berjalan di film ini. Editor dan penulis komik ini, Mike Gold dan John Ostrander, menceritakan bagaimana proses behind the scene komik ini lewat diskusi-diskusi mereka dengan Close yang sebetulnya juga terekam. Rekaman-rekaman suara inilah yang digunakan sebagai partisipasi Close di dalam film ini, selain kisah dan foto-foto, yang memenuhi semua tempat.

Buat yang tidak terlalu menikmati dokumenter, film ini mungkin bukan pilihan yang tepat. Penyajian cerita maju mundur digunakan, sekaligus didukung dengan beragam rekaman interview yang dilakukan sutradara ataupun rekaman-rekaman terdahulu guna memperkaya penceritaan. Dari tema yang lumayan specific, kisah Close mungkin dapat menjadi rekomendasi buat seseorang yang menyukai komedi, bukan sebagai hiburan, tetapi seni.

for madmen only
Courtesy of One Road Studios, Sincerely Films © 2020

Apa yang menarik dari film ini? Tentunya sosok Del Close sendiri. Walaupun lebih banyak berisi testimoni pengalaman dan cerita-cerita Del Close yang tersisa, karakter Close memang sangat unik. Saat menyaksikan film ini, saya terkejut dengan kenekatannya, ke-random-annya, kejeniusan, kejiwaannya, hingga kecanduannya. Apalagi ketika salah satu muridnya berkata begini: Jika anda menanyakan apa yang Close ajarkan pada saya, saya tidak bisa menjelaskannya. Yang saya ingat hanyalah perbincangan terakhir kami sebelum Ia meninggal.

Kejeniusan Close berhasil membuatnya untuk mengenalkan konsep “Harold”, yang merupakan dasar komedi improv yang hingga kini masih diterapkan para komedian. Dalam komedi improv versinya, Close memberikan penekanan pada applause dan experience sebagai tolak ukur kesuksesan pentas yang dilakukan. Menurutnya, melakukan improv, berarti menunjukkan kemampuan aktor untuk beraksi di panggung tanpa adanya skrip. Inilah yang membuatnya pengalaman dan kepuasan penonton menjadi acuan.

for madmen only
Courtesy of One Road Studios, Sincerely Films © 2020

Oiya, film ini sebetulnya sudah dirilis sejak Maret 14 2020 lalu, namun aman terbatas, sebagai bagian dari official selection SXSW Festival untuk kategori documentary feature. Akhir kata, setelah menyaksikan film ini, jika ditanya sebutkan satu kata yang menggambarkan Del Close, jawaban saya: Genius! “For Madmen Only” adalah sebuah selebrasi perjalanan hidup sang legenda improv.

 

Film ini telah tersedia secara worldwide lewat perilisan secara daring pada 27 Juli 2021 kemarin. Saat ini “For Madmen Only” dapat anda saksikan melalui Altavod dan Apple TV. Bila anda tertarik untuk mengetahui jauh lebih dalam mengenai komik Wasteland dapat diakses melalui DC Comics.  Thanks to Sisi Cronin from Sicily Publicity and Utopia Media for giving me the early access for “For Madmen Only.”

 

For Madmen Only: The Stories of Del Close (2020)
PG, 95 menit
Documentary
Director: Heather Ross
Writer: Adam Samuel Goldman, Heather Ross
Full Cast: Andrew Alexander, Ike Barinholtz, Bernadette Birkett, Craig Cackowski, Janet Coleman, Robert Dassie, Josh Fadem, Mike Gold, Ed Greenberg, Charna Halpern, Howard Johnson, Joe Keefe, Lauren Lapkus, Michael McCarthy, Adam McKay, Tim Meadows, Susan Messing, Alan Meyerson, Bob Odenkirk,John Ostrander, Patton Oswalt, Lennon Parham, David Pasquesi, Diona Reasonover, Paul Scheer, Brian Stack, Jason Sudeikis, Dave Thomas, James Urbaniak, Matt Walsh, Michaela Watkins, George Wendt

#577 – For Madmen Only: The Stories of Del Close (2020) was last modified: Agustus 1st, 2021 by Bavner Donaldo