Kembali ke tahun 1997, bertemu dengan sosok Sarah Huttinger, penonton akan dibawa untuk melanjuti kisah the next generation dari “The Graduate.” Judulnya mungkin serupa dengan salah satu hits Adele, tetapi film ini lebih dulu 5 tahun.

Masih ingat dengan “The Graduate”-nya mendiang Mike Nichols? Salah satu film yang mengingatkan kita dengan sosok Mrs. Robinson, yang diperankan oleh Anne Bancroft. Drama komedi bertema coming of age, dengan mengisahkan kisah affair seorang wanita di usia 40-an yang menggoda pria berusia 21 tahun yang kemudian jatuh cinta pada putrinya.

95-Picture3
Courtesy of Warner Bros., Village Roadshow Pictures, Section Eight, Spring Creek Productions, Munich Hoffman-Media © 2005

Awalnya, film tersebut diangkat dari sebuah buku yang berjudul sama, karangan Charles Webb. Webb besar di Pasadena, yang menjadi latar tempat dari kisahnya. Film ini berkisah tentang keluarga Huttinger, yang dipercayai merupakan sosok nyata yang menginspirasi kisah “The Graduate.”

Sarah Huttinger, yang diperankan oleh Jennifer Aniston, bersama tunangannya melakukan perjalanan ke Pasadena, California, untuk menghadiri pernikahan sang adik. Di film ini, Aniston dipasangkan dengan Mark Ruffalo, yang berperan sebagai Jeff Daly. Menjelang pernikahan sang adik, Huttinger mencoba menyadari satu hal: siapa yang merupakan ayahnya?

95-Picture1
Courtesy of Warner Bros., Village Roadshow Pictures, Section Eight, Spring Creek Productions, Munich Hoffman-Media © 2005

Pertanyaan tersebut semuanya diawali oleh sebuah pernyataan dari sang kekasih bahwa Ibu Sarah telah hamil duluan sebelum menikah, dengan perhitungan matematis sederhana. Sarah menanggapi dengan serius dan berbagai fakta yang diterimanya secara mentah-mentah. Mulai dari merasa tidak mirip dengan sang ayah, baik secara wujud, perilaku, hingga minat. Kesemuanya itu ternyata dibawa serius oleh Sarah, dan menjadi semakin terlalu jauh. Walaupun sang Ibu telah tiada sejak Ia berusia 9 tahun, Sarah mencari fakta-fakta yang coba didapatnya dari berbagai saksi hidup di masa itu.

Saksi pertama adalah sang nenek, Katharine. Katharine, yang diperankan Shirley MacLaine, diceritakan sebagai sosok yang menginspirasi kehadiran karakter Mrs. Robinson. Ia masih dengan gayanya dan juga rokoknya. Katharine hanya menjelaskan bahwa sebelum kedua orangtuanya menikah, sang Ibu sempat pergi ke Mexico. Fakta ini kemudian meneruskan investigasi Sarah ke salah satu tantenya, Mitsy.

95-Picture2
Courtesy of Warner Bros., Village Roadshow Pictures, Section Eight, Spring Creek Productions, Munich Hoffman-Media © 2005

Bertemu dengan Tante Mitsy, seakan menemukan pencerahan. Ternyata sang Ibu menemui salah satu pria pujaan di sekolah mereka, Beau Burrough. Kenyataan ini kemudian membuat Sarah untuk meneruskan perjalanannya dan mencari sosok Beau untuk memberinya konfirmasi.

Film yang disutradarai Rob Reiner ini membawa penonton ke dalam sebuah cerita yang sangat terpusat pada sosok Sarah. Kisahnya yang tidak terlalu panjang, membuat penonton mudah untuk menikmati drama-nya yang dikemas dengan nuansa komedi dan romansa. Mengambil setting “The Graduate” menjadi salah satu gimmick yang membuat film ini seakan punya kesan yang kuat, dan memberi pertanyaan ke saya, “is this real?” At the end of credits, ternyata dijelaskan bahwa kisah ini hanya terinspirasi yang peristiwa yang pernah terjadi sebelumnya. But, apakah ini benar-benar nyata atau hanyalah improvisasi dari imajinasi Ted Griffin, pengarang naskah ini? Mungkin hanya mereka yang tahu.

95-Picture6
Courtesy of Warner Bros., Village Roadshow Pictures, Section Eight, Spring Creek Productions, Munich Hoffman-Media © 2005

Melihat jajaran pemainnya saja, sudah memberikan sedikit jaminan bahwa film ini menarik. Mengusung Jennifer Aniston sebagai heroine dalam film ini dengan segala perwatakannya dan dominansinya. Film ini juga diramaikan oleh Kevin Costner, Mena Suvari, Kathy Bates, Richard Jenkins, hingga Shirley MacLaine. Sayangnya, film ini kurang memberi sedikit perhatian pada supporting roles-nya. Contohnya seperti karakter MacLaine sebagai the real Mrs. Robinson sangat mencuri perhatian, apalagi dengan beberapa dialog-dialog kasar yang nge-lucu. Beda halnya dengan Costner sebagai Beau Burrough yang sangat mencuri perhatian dengan latar jet set, tapi cuma segitu? Apalagi sosok Jeff Daly-nya Ruffalo yang saya anggap hanya sebagai pemanis film ini.

Saya cukup setuju dengan pendapat Ebert Roeper yang menilai bahwa film ini mungkin tidak terlalu bagus, tetapi sebagai salah satu tontonan yang cukup dapat dinikmati dan menghibur. Sebagai penutup, sedikit mengutip dialog Sarah kepada Jeff, I didn’t come here to tell you that I can’t live without you. I can live without you. I just don’t want to.

Rumor Has It… (2005)
PG-13, 97 menit
Comedy, Drama, Romance
Director: Rob Reiner
Writer: Ted Griffin
Full Cast : Jennifer Aniston, Kevin Costner, Shirley MacLaine, Mark Ruffalo, Richard Jenkins, Christopher McDonald, Steve Sandvoss, Mena Suvari, Mike Vogel, Rob Lanza, Lisa Vachon, Trevor Stock, Jennifer Taylor, Marcia Ann Burrs, Lynn Wanlass, Mary Anne McGarry, Maree Cheatham, Gloria Grant, Gregory White, Jake Mailey, Frank Novak, Billy Kerr, Terrie Snell, Shannon Farnon, Jenny Wade, Erinn Bartlett, Allyson Bradford, Kate McClafferty, Googy Gress, Rolando Molina, Carmela Rappazzo, Erinn Hayes, Christopher Stapleton, George F. Regas, Jaime Ray Newman, Andy Milder, Gabriel Jarret, Clyde Kusatsu, John Sterling Carter, Mike Baldridge, Donna Cooper, Erin McDonald, Paul Ganus, Amos Levkovitch, Leigh Frenchs, Charlotte Colavin, George Gerdes, Lyman Ward, Jordan Lund, John E. Byrd

#95 – Rumor Has It… (2005) was last modified: November 18th, 2020 by Bavner Donaldo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here