Penantian saya terjawab. Sebagai salah satu film yang paling layak ditunggu di akhir tahun ini, film yang satu ini memang kudu tidak boleh dilewatkan. Bukan hanya karena jebolan terbaru Martin Scorsese saja; ini juga merupakan ‘reuni’ kecil para aktor mafia legendaris Robert De Niro, Joe Pesci dan Al Pacino yang menjadi bintang utamanya. “The Irishman” merupakan sebuah mahakarya yang bercerita akan pengakuan seorang mafia berjuluk ‘The Irishman’ yang bernama Frank Sheeran.

Awalan film ini dimulai dengan tampilan sebuah rumah panti jompo yang diselingi dengan lagu lawas ‘In the Heat of the Night’ yang kemudian membawa penonton ke seseorang pria sepuh yang kemudian kita kenali bernama Frank. Frank Sheeran, yang diperankan oleh Robert De Niro, memulai cerita bagaimana Ia bisa masuk ke dalam dunia mafia. Selanjutnya, narasi Sheeran akan terus menghiasi film ini dan mengiring penonton ke dalam cerita antar periode bab-bab kehidupannya.

the irishman
Courtesy of Tribeca Productions, Sikelia Productions, Winkler Films, STX Entertainment, Netflix © 2019

Sheeran adalah seorang supir truk yang mengantar pasokan daging ke beberapa restoran. Suatu saat, mesin truk yang dikendarainya tidak dapat menyala dan membawanya ke sebuah perhentian tempat bensin. Tak disengaja, Ia bertemu dengan seorang pria yang membantunya mengatasi masalah mesin truknya. Pria ini kemudian akan dikenali sebagai Russell Bufalino, diperankan oleh Joe Pesci, yang nantinya dikenal sebagai ketua mafia daerah tersebut.

Apa yang menjadi begitu menarik? Bufalino tampak down-to-earth. Walapun dengan perawakan tubuh yang relatif lebih kecil, Ia memiliki kekuatan yang besar. Ia menguasai hampir sebagian besar usaha-usaha, menyelesaikan masalah pertikaian yang ujung-ujungnya dibawa kendalinya, sampai memutuskan apakah seseorang yang menjadi target pembunuh sudah layak untuk dihabiskan. Menariknya, Frank Sheeran mampu menjadi salah satu tangan kanannya, guna melancarkan segala aksi ‘bersih’-nya.

498 picture4
Courtesy of Tribeca Productions, Sikelia Productions, Winkler Films, STX Entertainment, Netflix © 2019

Yang lebih menarik, sebetulnya film ini diangkat dari sebuah kisah nyata Frank Sheeran, dari memoirnya yang ditulis oleh Charles Brandt. Lewat judul ‘I Heard You Paint Houses,’ buku yang diterbitkan pada tahun 2004 ini sebetulnya mengungkap misteri dibalik hilangnya salah satu tokoh perburuhan USA, Jimmy Hoffa, yang menghilang di tahun 1975. Cerita ini kemudian diadaptasi oleh Steven Zaillian, penulis yang sudah cukup dikenal untuk karya-karya adaptasinya seperti “Awakenings,” “Schindler’s List,” ataupun “Moneyball.” Disini, Zaillian membawa cerita Sheeran dengan detil yang cukup banyak, namun dengan periode yang kadang tidak terlalu jelas.

Dengan gaya penceritaan bolak-balik, “The Irishman” mungkin terasa tidak cocok buat penonton yang hanya mencari sekedar hiburan. Menyaksikan film ini, penonton perlu ketahanan untuk mau menyaksikan ceritanya yang berdurasi lebih dari 3,5 jam. Belum lagi termasuk dengan banyak dialog dan karakter yang begitu banyak di film ini. Cukup sulit untuk menghafal nama-nama didalamnya saat menikmatinya, sebab saya hanya terfokus pada 4 hal saja: tiga karakter utama ditambah keluarga Sheeran.

498 picture6
Courtesy of Tribeca Productions, Sikelia Productions, Winkler Films, STX Entertainment, Netflix © 2019

Sekali lagi Scorsese membuktikan kepiawaiannya sebagai storyteller ulung. Gebrakannya untuk merilis di platform online, tetap membuat “The Irishman” terlihat unggul dari segi-segi teknisnya. Mulai dari bagaimana sinematografer Rodrigo Pieto saat memasukkan slow motion ataupun gaya walking shot yang dipadu dengan penggambaran yang selalu dengan kesan rapi dan hangat; ataupun saat hasil editan Thelma Schoonmaker yang terasa begitu mengalir yang kadang tampak luwes ketika masuk ke dalam dialog-dialog serius. Cerita yang banyak memperlihatkan banyak era ini, hadir dengan set-set yang digarap serius,  juga kostum karya Christopher Peterson dan Sandy Powell yang membawa kita kembali dengan suasana kehidupan mafia Italia di Amerika. Impressive!

Selain itu, make up dan hairstyling film ini juga patut mendapat perhatian. Bagaimana tidak, film yang mengusung tiga aktor senior ini mampu menyulap mereka menjadi lebih muda dan tua. Saya tidak menyangka, ketika Robert De Niro masih bisa dibuat menjadi 20 tahun lebih muda dari usianya saat ini yang hampir memasuki usia 80. Dalam catatan saya, bila diperhatikan kembali, De Niro hadir dalam 6 periode berbeda, dan Pesci di 5 periode berbeda.

498 picture5
Courtesy of Tribeca Productions, Sikelia Productions, Winkler Films, STX Entertainment, Netflix © 2019

Baiknya lagi, ternyata usia tidak menjadi penghalang. Penampilan De Niro, Pesci dan Pacino di film ini membuktikan bagaimana ketiganya bisa cukup solid dengan kualitas akting penuh jaminan. Tentu berkesan ketika mempertemukan kembali kedua pemeran utama film “The Godfather: Part II” ke dalam layar yang sama, lalu mensandingkan dengan pemeran Tommy DeVito dari film “Goodfellas.” Dari ketiganya, saya lebih terfokus dengan bagaimana cara Pesci bisa memainkan karakternya untuk mengendalikan cerita film ini. Saya terpukau terlepas dari posisinya sebagai ketua mafia, Ia masih dirasa cukup bijak dalam menasehati Sheeran, terutama bagaimana Ia cukup concern dengan hubungan Sheeran dengan keluarganya. Respect is earn for him.

Sudah menjadi salah satu contender kuat pada awards season tahun ini, “The Irishman” mungkin akan sedikit cukup sulit untuk menjadi yang terbaik, mengingat cerita yang tidak mudah dipahami dan diikuti. Akan tetapi, “The Irishman” merupakan salah satu film terbaik yang pernah saya tonton. It’s fuckin’ good!

The Irishman (2019)
R, 209 menit
Biography, Crime, Drama
Director: Martin Scorsese
Writer: Charles Brandt, Steven Zaillian
Full Cast: Robert De Niro, Al Pacino, Joe Pesci, Harvey Keitel, Ray Romano, Bobby Cannavale, Anna Paquin, Stephen Graham, Stephanie Kurtzuba, Jack Huston, Kathrine Narducci, Jesse Plemons, Domenick Lombardozzi, Paul Herman, Gary Basaraba, Lucy Gallina, Marin Ireland, Jonathan Morris, Dascha Polanco, Welker White, Louis Cancelmi, Bo Dietl, Aleksa Palladino, Sebastian Maniscalco, Jim Norton, Daniel Jenkins, Billy Smith, Kevin O’Rourke, Action Bronson, Glenn Cunningham, Paul Ben-Victor, Patrick Gallo, James Martin, Jake Hoffman, Barry Primus, Danny A. Abeckaser, Anthony J. Gallo, J.C. Mackenzie, Joseph Bono, Larry Romano, Louis Vanaria, Craig Vincent, John Polce, Joseph Riccobene, Vinny Vella, Thomas E. Sullivan, John Cenatiempo, Robert Mladinich, Rich Reilly, Robert Funaro, Tess Price, Jordyn DiNatale, Jennifer Mudge, Kate Arrington, India Ennenga, Philip Suriano, Jason Iannacone, Michael C. Brennan, James P. Harkins, Al Linea, Garry Pastore, Frank Pietrangolare, Frank Aquilino, John T. Sollitto, Patrick Murney, Samantha Soule, Richard V. Licata, Vito Picone, Larry Mazza, Craig DiFrancia, Ira Drukier, Jon Bruno, Paul Borghese, Steven Maglio, James Licata, Veronica Alicino, Mike Massimino, James Ciccone, Ron Castellano, Marco Greco, Meghan Rafferty, Aldo Sergi, James Lorinz, Jeffrey Paul, Robert C. Kirk, Vince Maritato, Lawrence Smith, Ken Wulf Clark, John Rue, Steve Routman, Fernando Vera, Peter Claymore, Charles DelGatto, Michael Gongora, Eugene Bunge, Matthew F. O’Connor, Cliff Moylan, Vincenzo DelRiccio, Steve Beauchamp, Alfred Sauchelli Jr., Joe Giorgio, Diana Agostini, Lauren Aparicio, Kelley Rae O’Donnell, John Garrett Greer, Jack Caruso, John Scurti, Tom Tj Jenkins, Steve Witting, Luke Smith, Brent Langdon, James D. Forsha, Paul Pearlman, Frank L. Messina, Cilda Shaur, Dominick LaRuffa Jr., Erick Zamora, Steven Maglio, Joe Caniano, Lou Martini Jr., Michael Bottari, John Bianco, Margaret Anne Florence, Siena Marino, Lori Arkin, Nicholas Chrysan, Samantha Coppola, Logan Crawford, Jeff DeHart, Mark Fairchild, Blaise Corrigan, Jill Brown, Tim Neff, Matt Walton, Peter Jay Fernandez, Stephen Mailer, Gino Cafarelli, Robin Kerbis, Lucia Giannetta, Michael Romeo Ruocco, Amanda Kloots, Anne Horak, Brittany Bigelow, Vanessa Mitchell, Madison Eastman, Purdie Baumann, Jesse Wildman, Nina Lafarga, Neil Posner, Michael Leviton, Bridget Barkan, Andrea Weinzierl, Richard Papa, Nicholas Wight, Clark Carmichael, Joseph Russo, Jeremy Luke, Barbara Eyland, Tracy J. Everitt, Saint Marino, Mario Corry, Johnny Potenza, Joe Passaro, Patrick Borriello, Alfred Nittoli, David Aaron Baker, Stanley Burns, Bill Timoney, Thomas Joseph McDonald, Virl Andrick, Ernest Sanders, Bill McHugh, Kevin Kane, Amelia Brain, Craig Castaldo

#498 – The Irishman (2019) was last modified: Juli 11th, 2021 by Bavner Donaldo