Sebagai lanjutan dari pendahulunya, “Earth: One Amazing Day” menyajikan kembali keindahan alam dunia ini dalam kurun satu hari. Satu hari menjelajahi kehidupan mahkluk hidup dari cara mereka melindungi diri dan bertahan hidup. Yang pasti, dengan sajian yang sangat menarik.

Film ini diawali dengan gambaran semesta, yang kemudian menampilkan bumi, sebuah planet biru yang merupakan rumah kita. Keindahan alam bumi disajikan mulai dari hutan tropis, tundra, sampai kutub selatan. Panorama alam yang indah, dengan tampilan time lapse yang begitu menggoda mata.

earth: one amazing day
Courtesy of BBC Earth Films © 2017

Seiring dengan terbitnya matahari, bagian pertama film ini terfokus pada seekor serval, sejenis kucing liar Afrika yang memulai paginya dengan berburu, sambil memperlihatkan lompatannya yang unik. Lalu penonton akan berlanjut ke Pulau Galapagos untuk menyaksikan ritual kawanan marine iguana yang sedang menatap sinar matahari. Tidak ketinggalan, aksi heroik iguana cilik dari serangan kawanan ular menjadi salah satu top moments di film ini.

Tidak hanya menampilkan deretan pesona alam yang begitu indah, film ini bercerita dengan menarik. Ia akan memainkan perasaan penonton lewat aksi makhluk hidup yang berhasil direkam tanpa naskah, dan disertai narasi oleh Robert Redford. Anda akan tertawa melihat aksi beruang yang menari, terkagum dengan sensor-sensor yang menyala dari seekor ulat, sampai deg-degan melihat perjuangan seekor anak zebra sedang menyeberangi sebuah sungai yang deras.

one amazing day
Courtesy of BBC Earth Films © 2017

Mengutip perkataan salah satu crew dari BBC Films di sebuah video, bahwa mereka tidak pernah tahu dengan apa kelanjutan dari setiap hunting scene. Menampilkan potret alam terbilang menantang dan membutuhkan kemampuan teknologi agar dapat menampilkannya bak film-film Hollywood. Jeniusnya, film ini memaksimalkan hal ini. Anda akan melihat perpaduan time lapse, shoot jarak dekat, sampai adegan-adegan yang diperjelas dengan frame rate tinggi.

Selain itu, teknik editing dan storytelling film ini terbilang fantastis! Tentu, berbekal dengan teknologi untuk menstabilkan gambar dari kamera, film ini memperlihatkan bagaimana cara mereka menangkap adegan dari beberapa sisi yang berbeda dan juga dekat. Ditambah dengan kualitas gambarnya ultra high definition, film ini benar-benar terlihat luar biasa. Banyak adegan dari film ini yang mengambil sudut pandang dari para hewan, yang seakan membuat penontonnya untuk ikut serta.

355 picture7
Courtesy of BBC Earth Films © 2017

“Earth: Amazing One Day” benar-benar juara! Paduan musik yang berhasil menambah dramatisasi, narasi  yang mudah diikuti, serta adegan demi adegan yang selalu cinematik. Menyaksikan film ini pasti akan memuaskan bila melihat dengan proyeksi yang lebih besar, yang membuatnya semakin terasa nyata. Adegan-adegan dalam film ini sebetulnya sudah pernah muncul dalam seri BBC yang berjudul “Planet Earth,” dan kompilasi ini terbilang memuaskan. Menyaksikan betapa indahnya satu hari kehidupan alam bebas.

 

Thanks to Lee Meltzer from PNK BMC for providing the screener. This movie available on US Nationwide since October 6th, 2017. For more information, please visit https://www.earthoneamazingday.com/

 

Earth: One Amazing Day (2017)
G, 88 menit
Documentary, Family
Director: Richard Dale, Peter Webber, Fan Lixin
Writer: Frank Cotterell-Boyce, Richard Dale, Geling Yan
Full Cast: Robert Redford

#355 – Earth: One Amazing Day (2017) was last modified: Juli 11th, 2021 by Bavner Donaldo