Awalnya, saya memberi ekspektasi yang terlalu besar dengan “The Ides of March.” Disutradarai George Clooney, juga diramaikan oleh Ryan Gosling yang sedang bersinar saat itu, ditambah Philip Seymour Hoffman, Marisa Tomei dan Evan Rachel Wood. Bagi saya, first impression tersebut meningkatkan curiosity Saya untuk menyaksikan film itu. Sebab, ini merupakan sebuah garansi nyata buat penonton.

Sayangnya, film ini masih dibawah ekspektasi saya. Pemain-pemain bagus ternyata belum menjadi sebuah jaminan mutlak. Film remake yang banyak menggunakan talent pemenang Academy Awards, seperti Clooney, Hoffmann, dan Tomei, sayangnya kurang terlalu memikat dengan film ini. Sepanjang 101 menit, penonton bukan dibawa untuk ke sebuah tontonan berbau politik yang mudah di cerna khalayak ramai, tetapi lebih ke sebuah tontonan politik yang dikemas begitu serius dan punya nilai intelejensi yang tinggi, sehingga akan sulit dimengerti oleh beberapa kalangan.

Film yang merupakan adaptasi dari sebuah drama teater ini, diproduseri juga oleh Clooney. Kesan George Clooney yang flamboyant dan serius, juga ikut tercermin lewat film ini. Film ini terkesan cukup ambisius, dan sangat bertitik pada sosok Stephen Meyers, yang diperankan oleh Gosling.

the ides of march
Courtesy of Cross Creek Pictures, Exclusive Media Group, Smokehouse Pictures, Crystal City Entertainment © 2011

Berbicara tentang Gosling, yang mantan personil acara Disney, dan juga beberapa film remaja, kurang memberikan “sesuatu” dibanding film sebelumnya “Drive”. Pada film ini, Gosling berperan sebagai Meyers yang merupakan salah satu tim sukses seorang calon presiden Amerika yang terjebak ke dalam permainan politik. Ketika Ia terjebak, semua pihak berusaha untuk menjatuhkannya, dan Ia tampak sangat amat tidak berdaya. Film ini akan lebih terpusat kepada bagaimana Ia mampu untuk kembali dan bangkit dari keterpurukan itu.

17-picture2
Courtesy of Cross Creek Pictures, Exclusive Media Group, Smokehouse Pictures, Crystal City Entertainment © 2011

Satu kata yang menyelematkannya, SKANDAL. Meyers yang sudah di depak oleh atasannya, juga sudah diancam oleh pihak media massa, merasa sudah tidak amat berdaya. Sebuah skandal antara Mike Morris, calon presiden yang juga calon gubernur, dengan salah satu anggota tim suksesnya, yang diperankan Evan Rachel Wood, menjadi sebuah titik klimaks didalam kisah.

Secara tontonan, film ini masih agak mirip dengan “Michael Clayton”, yang juga datar dalam penceritaan dan sangat tinggi akan perbendaharaan kata-katanya. Bahasa politik tentu sangat mendominasi film ini. Namun, yang sangat disayangkan, pembawaan film ini kurang menggigit. Sepertinya, itu adalah sebuah kesalahan dari teknik penceritaannya, yang membuat film ini sangat membosankan bagi Saya. Saya merasa film ini malah lebih mengunggulkan jajaran cast-nya dibandingkan kisahnya.

17-picture4
Courtesy of Cross Creek Pictures, Exclusive Media Group, Smokehouse Pictures, Crystal City Entertainment © 2011

Yang menjadi perhatian khusus disini adalah alunan musik dari Alexandre Desplat. Desplat, yang hingga saat ini sudah mendapat beberapa nominasi Oscar dari score-score gubahannya. Desplat memberikan sebuah sentuhan yang membuat iringan tersebut lebih unggul dibanding adegannya dan seakan menahan para penonton untuk terus menyaksikan film ini hingga akhir.

17-picture5
Courtesy of Cross Creek Pictures, Exclusive Media Group, Smokehouse Pictures, Crystal City Entertainment © 2011

Tetapi ada sebuah hal yang cukup akan meng-edukasi penonton, bagaimana tentang proses kampanye politik yang sering terjadi. Film ini cukup menggambarkan realita tersebut, dan perlu cukup mendapat pengakuan positif saat diputarkan, seiring dengan baru dimulainya kembali musim kampanye untuk pemilihan Presiden Amerika Serikat pada 2012 kala itu.

The Ides of March (2011)
R, 101 menit
Drama
Director : George Clooney
Writer: George Clooney, Grant Heslov, Beau Willlimon
Full Cast : Ryan Gosling, George Clooney, Philip Seymour Hoffman, Paul Giamatti, Evan Rachel Wood, Marisa Tomei, Jeffrey Wright, Max Minghella,Jennifer Ehle, Gregory Itzin, Michael Mantell, Yuri Sardarov, Bella Ivory, Maya Sayre, Danny Mooney, John Manfredi, Robert Mervak, Fabio Polanco, Frank Jones Jr., Peter Harpen, Rohn Thomas, David McConnell, Mark Stacey White, Lauren Wainwright, Kris Reilly, Michael Ellison, Leslie McCurdy, Robert Braun, Rachel Maddow, Chris Matthews, Charlie Rose, Deb Dixon, Neal Anthony Rubin, Loretta Higgins, Joseph Dinda, John Repulski, Cherie Bowman, Chyla Anderson, Maxi Anderson, Nelson Beato, Johnny Britt, Alvin Chea, Carmen Carter, Christopher Carter, Carmel Echols, Clydene Jackson, Amy Keys, Lori Perry, Josef Powell, Lamont Van Hook, John West, Will Wheaton, Nita Whitaker

#17 – The Ides of March (2011) was last modified: Juli 6th, 2021 by Bavner Donaldo