Punya badan kekar, berotot maksimal, sekaligus memecahkan rekor dunia, adalah sebuah prestasi untuk seorang Matt Kroczaleski. Akan tetapi, kebimbangan untuk menutupi identitas sejatinya membuatnya coming out sebagai seorang transgender. Melalui “Transformer,” penonton akan diajak mengikuti masa transisi Matt menjadi seorang Janae.

Ternyata tidak hanya Caitlyn Jenner, Amerika juga punya Matt Kroczaleski. Kroczaleski merupakan seorang bekas anggota marinir Amerika, yang kemudian memutuskan untuk menjadi seorang bodybuilder. Di usia primanya, putra tunggal ini memang cukup terlatih dengan badan atletisnya. Ia pun kemudian hijrah ke passion­-nya berikutnya, weighlifting. Mengutip perkataannya, “Semakin besar, akan akan semakin kuat.” Itu juga yang terjadi pada Kroczaleski. Menjalani kehidupannya sebagai seorang weightlifter, Ia mengubah bentuk ukuran badannya yang sudah berotot, tapi dalam bentuk yang lebih kekar dan besar. Passion ini ternyata membawanya ke dalam kesuksesan. Ia memiliki sponsor, pernah mengisi cover sebuah majalah fitness, sekaligus punya keluarga yang bahagia. Ia memiliki tiga orang putra yang kini tengah remaja.

Courtesy of Storystream Creative © 2017

Matt sempat memiliki dua kepribadian. Buktinya, Ia sampai punya dua akun dengan identitas Matt dan Janae. Akan tetapi, di tahun 2015, seorang Youtuber membuka identitas Janae. Seketika, karir yang sudah dibangun bertahun-tahun seperti gunung api yang meletus. Matt harus menerima kenyataan jika Ia kehilangan sponsornya. Ia pun kemudian memiliki profesi sebagai seorang phamacist.

Menjadi Janae adalah suatu hal yang tidak mudah. Ini sama seperti dokumenter lain yang pernah saya tonton saat bagaimana seseorang transgender berusaha memulai hidup sesuai identitas keinginannya. Tentu, masalah penerimaan lingkungan sekitar, apalagi keluarga, menjadi hal yang krusial. Melihat realita, banyak sekali teman-teman transgender yang menggantungkan nyawa mereka akibat tidak adanya dukungan ataupun ketidaksanggupan menjalani kehidupan sesuai yang mereka inginkan.

Courtesy of Storystream Creative © 2017

Dalam dokumenter yang cukup intim ini, sutradara Michael Del Monte, mengajak penontonnya ke dalam kehidupan Janae lebih dekat. Kita akan melihat bagaimana Janae dalam masa transisinya, yang kadang masih menghidupkan sosok Matt dalam kesehariannya. Walaupun, terasa tidak lazim untuk melihat sosok perempuan dengan ukuran otot yang hanya bisa dimiliki pria, kita akan melihat dukungan tersebut muncul. Apalagi dari ketiga putranya. Film ini juga akan mengisahkan bagaimana keberanian Janae untuk menanyakan apa pendapat kedua orangtuanya dengan keputusannya.

Ada satu kutipan menarik dari Kroczaleski tentang bagaimana perawakannya. Menurutnya, lebih baik Ia menjadi seorang wanita berotot besar daripada menjadi pria kecil yang lemah. Weightlifting telah menjadi bagian hidup yang tidak akan pernah Ia lepaskan, sekalipun Ia telah menjadi Janae.

Courtesy of Storystream Creative © 2017

Film ini akan cukup membuka mata, ketika penonton menyaksikan struggle yang mungkin sering terlihat dan terasa biasa, namun menjadi tidak biasa untuk mereka yang menjalaninya. Menjadi Janae merupakan suatu yang hal yang menjadi pergolakan dalam hidup seorang Krocaleski, yang telah lama Ia coba untuk pendam. Pada akhirnya, Ia menyimpulkan satu pelajaran, untuk dapat menerima dirinya sendiri, yaitu menjadi seorang Janae.

“Transformer” dikemas cukup rapi, dengan efek musik yang cukup mendukung dalam membawa energi film ini ke penonton. Film yang sudah hampir satu tahun di-release pada Austin Film Festival pada tahun 2017 ini, baru akan memulai distribusinya di jaringan bioskop. Menampilkan Kroczaleski yang sudah berumur 43 tahun mengingatkan saya tentang bagaimana manusia memiliki kehendak bebas dalam menentukan hidupnya. Mungkin agak merasa aneh ketika melihat seseorang yang telah berpuluh tahun hidup dan mengungkapkan jika Ia terjebak dalam tubuh yang salah. “Transformer” kembali mengingatkan penontonnya bahwa menutupi jati diri akan berdampak pada hal yang semu, seperti Krozaleski dan segelintir pretasi yang telah diraihnya. Pergulatan puluhan tahun itu akhirnya harus diakhiri. Ya, harus.

Thanks to Ryan Venezia from Shelter PR for providing the screener. “Transformer” will be release in USA and video-on-demand services on October 19th, 2018.

Transformer (2017)
92 menit
Documentary
Director: Michael Del Monte
Writer: Michael Del Monte, Paul Kemp
Full Cast: Janae Marie Kroczaleski, Gerald Kroczaleski, Maxx Kroczaleski, Garrett Kroczaleski, Logan Kroczaleski, Mark Bell, Jim McDonald, Mike Farr, Jason Etter, Vickie Etter, Sara Evans, Rachelle Gomez, Diane Lorence, Clarence Lorence, Nadia Rushdi, Anna Lytvyn, Andrew Davenport, Shane Prule, Kayce Williams, Paula Batista, McKenzie Zientek, Gracie Davis, Harisson H. Lee, Hyung Tae Kim
#444 – Transformer (2017) was last modified: Desember 28th, 2020 by Bavner Donaldo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here