Kebosanan ketika sedang terbang dalam sebuah perjalanan, membuat saya memilih menyaksikan film ini. Sedikit khawatir dengan durasi filmnya yang lumayan panjang, ternyata tidak jadi penghalang. “Gifted” punya cerita yang berhasil memukau penontonnya dari kejeniusan anak kecil berusia 7 tahun yang ahli dalam berhitung.

Mary Adler, diperankan oleh McKenna Grace, baru saja mau memulai kegiatan persekolahannya. Ia hidup bersama seorang pria yang ternyata pamannya, Frank Adler, yang diperankan oleh Chris Evans. Frank yang ternyata masih single, mau tidak mau seperti tidak punya kebebasan. Untung saja ada peran Roberta Taylor, tetangganya yang diperankan oleh Octavia Spencer. Roberta, sudah tidak hanya sekedar tetangga. Ia juga sudah seperti keluarga untuk Mary.

Courtesy of Dayday Films, FilmNation Entertainment, Fox Searchlight Pictures, Grade A Entertainment © 2017

Ternyata pelajaran di sekolah terlalu mudah untuknya. Alhasil, wali kelasnya, Bonnie Stevenson, yang diperankan oleh Jenny Slate, harus berpikir 180 derajat untuk menangani Mary. Sampai-sampai semua soal hitungan yang diberikan bisa diladeni muridnya ini. Maklum saja, Mary malah sudah terbiasa dengan kalkulus. Usut punya usut, Bonnie berhasil menyadari jika murid bertalentanya itu merupakan putri dari seorang matematikawan sekaligus juga dari keluarga matematikawan.

Titik permasalahan film ini muncul ketika sang nenek, Evelyn, yang diperankan oleh Lindsay Duncan, menuntut hak asuh Frank. Segala kekurangan Frank menjadi senjata jitu sang Ibu. Apalagi ketika Evelyn menyadari bakat Mary yang sama seperti Ibunya. Seperti kata pepatah, “Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya.” Perebutan pun dimulai.

Courtesy of Dayday Films, FilmNation Entertainment, Fox Searchlight Pictures, Grade A Entertainment © 2017

Cerita film ini yang ditulis oleh Tom Flynn sebetulnya terbilang sederhana, tentang perebutan hak asuh yang dilandasi oleh ambisi. Menariknya, hubungan Frank dan Mary berhasil dikembangkan Flynn menjadi sebuah drama yang menyentuh. Awalnya saya sedikit mengira jika Mary merupakan anak Frank saat di awal film. Namun, perkiraan ini buyar semenjak tahu kalau itu pamannya.

Marc Webb, sutradara film ini, terbilang lumayan oke menggarap film ini. Saya menyukai bagaimana kedekatan Frank dan Mary, yang kadang tidak akur tetapi bisa saling menyayangi. Juga bagaimana penampilan Chris Evans dan Mckenna Grace yang cukup solid untuk menampilkan hubungan tersebut.

Courtesy of Dayday Films, FilmNation Entertainment, Fox Searchlight Pictures, Grade A Entertainment © 2017

Di sisi pendukung, film ini juga diramaikan oleh kehadiran Octavia Spencer sebagai Roberta. Spencer tahu betul peran-peran seperti apa yang membuat dirinya menonjol. Juga ada kemunculan Jenny Slate sebagai love interest Frank yang sebetulnya juga membuat dirinya dan Evans ‘cinlok’ dari film ini.

Salah satu momen menarik di film ini adalah saat Frank berusaha untuk mengajari Mary bagaimana berharganya saat Ia lahir. Ia tidak perlu banyak bacot. Cukup membawanya sambil ditemani Roberta di rumah sakit. Mereka bertiga memulai observasi mereka, sampai adanya kelahiran demi kelahiran. Mary kemudian menyaksikan seperti apa kebahagiaan ketika sebuah keluarga menyambut kelahiran anggota baru di keluarga mereka. Saya ingat saat Frank berkata, “That’s exactly how it was when you were born.” So sweet and touching!

Courtesy of Dayday Films, FilmNation Entertainment, Fox Searchlight Pictures, Grade A Entertainment © 2017

Diluar dari kisah cinta Frank, film ini bercerita walaupun Mary punya talenta yang melebihi anak-anak seusianya, Ia tetap membutuhkan kasih sayang dan perhatian yang sama. Ia merupakan pemegang teguh pada sebuah janji. Yang berbeda, mungkin adalah cara mempengaruhi pemikirannya yang sudah jauh lebih matang, dan Frank tahu cara untuk menguasainya. Saya cukup menggemari Mckenna Grace di film ini, terutama bagaimana saat Ia mengomentari segala hal dan berbincang dengan Frank. “Gifted” merupakan tontonan keluarga yang menarik.

#374 – Gifted (2017) was last modified: November 13th, 2020 by Bavner Donaldo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here