Perlukah menyakiti yang lain demi sebuah pengakuan? “Thread of Lies” menyajikan kisah melodrama bercampur misteri dari sebuah kematian seorang siswa 14 tahun yang bernama Cheon-Ji. Kematian Cheon-Ji, disinyalir karena situasi teman-teman sejawatnya yang sering mempermainkan perasaannya.

            Cheon-Ji, yang diperankan oleh Kim Hyang-Gi, adalah seorang bungsu dari sebuah keluarga kecil. Ia hidup bersama sang Ibu dan saudari tertuanya, Hyun-Sook dan Min-Ji, yang diperankan oleh Kim Hee-Ae dan Ko Ah-Sung. Kehidupan tanpa suami, membuat Hyun-Sook harus berjuang keras demi keluarga kecilnya. Ia mencari nafkah dengan menjadi sales promotion produk tofu di sebuah supermarket.

179-picture2
Courtesy UBU Film, Movie Rock © 2013

            Di suatu pagi, ketika ketiganya baru saja memulai hari yang baru dan sedang asik sarapan pagi, Cheon-Ji melakukan sebuah permohonan kepada sang Ibu. Ia ingin dibelikan sebuah MP3 Player karena tinggal dirinya yang belum memiliki barang tersebut. Hyun-Sook cukup kaget dengan kelakuan putri keduanya itu yang hampir tidak pernah mengeluh ataupun meminta barang. Pada hari itu juga, ketika Hyun-Sook sedang mencari MP3 Player untuk Cheon-Ji, disaat yang sama Cheon-Ji memutuskan untuk bunuh diri.

            Kematian Cheon-Ji memberikan banyak kejanggalan bagi keduanya. Tidak ada surat perpisahan ataupun catatan. Hyun-Sook memutuskan untuk pindah ke sebuah apartemen yang lebih dekat dengan tempat tinggal sahabat Cheon-Ji, Hwa-yeon, yang diperankan Kim Yoo-Jeong. Di saat yang bersamaan Min-Ji berusaha mengusut misteri kematian Cheon-Ji dengan caranya sendiri.

179-picture6
Courtesy UBU Film, Movie Rock © 2013

            Berbicara mengenai kisahnya yang dikemas bersifat naratif nonlinear, Lee Han, sutradara film ini, mengusung tema bullying pada kehidupan anak remaja dengan cukup berani. Perjalanan kehidupan Cheon-Ji sebelum dan pasca kematiannya, menjadi kedua hal menarik. Penonton akan melalui kisah kehidupannya melalui cerita dari karakter-karakter yang terlibat; dan pasca-nya melalui bagaimana struggling yang dihadapi Hyuk-Sook dan Min-Ji. Sayangnya, di bagian tengah film ini saya cukup merasa bosan karena terasa “kurang bernyawa” sebelum akhirnya di menit 71 menjadi semakin menarik.

179-picture7
Courtesy UBU Film, Movie Rock © 2013

            Mengenai akting para pemainnya, dari Cheon-Ji, Min-Ji, maupun Hyun-Sook, ditampilkan Kim Hyang-Gi, Ko Ah-Sung, dan Kim Hee-Ae dengan sangat meyakinkan. Kim Hyang-Gi, yang juga sempat tampil mengharukan di “Wedding Dress” dan “A Werewolf Boy” kembali hadir sebagai karakter kunci film ini. Cheon-Ji yang selalu melakukan hal-hal yang dibencinya demi kesenangan orang lain menjadi sebuah alasan mengapa Cheon-Ji patut untuk disayangkan. One of my favourite charakter in here is Min-Ji. Why? Ah-Sung really catch the emotions, I love the way she handle her angry for something that she regrets. Ah-Sung yang sempat tampil di “Snowpiercer” benar-benar menunjukkan kedinginan karakternya disertai dengan ekspresinya yang menurut saya cukup sinematik. Terakhir, karakter Hyun-Sook yang diperankan Hee-Ae, merupakan sebuah comeback yang gemilang, setelah kehadirannya terakhir di layar lebar melalui “The 101st Proposition” di 1993 silam. Hee-Ae berhasil menghadirkan karakter Ibu yang penuh duka, tangguh, dan menyentuh. Saya cukup tidak menyangka dengan strategi Hyun-Sook yang memberikan kejutan di pertengahan film.

179-picture1
Courtesy UBU Film, Movie Rock © 2013

            Love them before it’s too late… Mungkin ini satu pesan yang tersirat dari film ini. Penyesalan Min-Ji maupun Hyun-Sook mungkin sudah terlambat karena kematian Cheon-Ji. Tontonan ini merupakan film bertema bullying terbaik yang pernah saya tonton. How to stop it? Treat everyone with respect.

Thread of Lies [Ueahan geojitmal] (2013)
117 menit
Drama
Director: Lee Han
Writer: Kim Lyeo-Ryung, Lee Suk-Yeon, Yoo Sung-Yup, Lee Han, Kim Dong-Woo
Full Cast: Kim Hee-Ae, Ko A-Sung, Kim Yoo-Jeong, Kim Hyang-Gi, Chun Woo-Hee, Sung Dong-Il, Yoo Ah-In, Yoo Yeon-Mi, Park Su-yeong, Kim Jeong-Yeong, Lee Jae-Gu, Lee Young-Eun, Lee Mi-Ji, Park Il-Mok, Song Ji-In, Jin Seon-Mi, Lee Seo-Jun, Lee Seok-Jin, O Gi-Hwan, Shin Jeong-Seop, Kim Hae-Il, Bak Song-Hae, Seon Hyeon-Cheol
#179 – Thread of Lies [Ueahan geojitmal] (2013) was last modified: Mei 29th, 2021 by Bavner Donaldo