Norma Rae adalah sebuah kisah nyata tentang perjuangan seorang buruh wanita yang bekerja di sebuah pabrik tekstil kapas. Kenyataan hidup yang harus dia jalani, membuatnya untuk tegar menghadapinya. Film ini akan berkisah tentangnya, juga tentang bagaimana perjuangannya untuk membentuk sebuah serikat pekerja di tempat kerjanya.

Norma, yang diperankan oleh Sally Field, hanyalah wanita biasa. Ia memiliki dua orang anak, dari pria yang berbeda, yang juga tidak berpendidikan. Sehari-hari Ia bersama kedua orang tuanya menghabiskan waktu untuk bekerja di pabrik. Suatu hari, Ia merasakan sebuah kondisi yang tidak wajar di pabrik, ketika hampir sebagian pekerja terlihat mengalami penyakit tuli temporer.

10-picture4
Courtesy of Twentieth Century Fox Film Corporation © 1979

Suatu ketika, seorang perwakilan dari serikat pekerja, mendatangi kotanya dan berusaha untuk menghimbau para pekerja untuk mendirikan sebuah serikat pekerja. Ia bernama Reuben, yang diperankan oleh Ron Leibman. Setiap harinya, Reuben membagikan selebaran yang berisi tentang sebuah himbauan tentang pentingnya gerakan serikat pekerja.

10-picture2
Courtesy of Twentieth Century Fox Film Corporation © 1979

Singkat kisah, Rae kemudian menikah dengan seorang duda beranak satu bernama Sonny, yang diperankan oleh Beau Bridges. Keduanya hidup bersama ketiga anak mereka dan harus menjalani kehidupannya yang begitu-gitu saja. Ternyata kedatangan Reuben di kota tersebut, membuat Rae berani untuk bertindak terhadap sebuah perubahan, juga untuk meningkatkan taraf hidupnya.

10-picture3
Courtesy of Twentieth Century Fox Film Corporation © 1979

Rae yang tegas dengan cukup berhasil menjangkau rekan-rekan sekerjanya. Setiap waktu yang ada Ia habiskan untuk mendukung gerakan serikat buruh, hingga Ia hampir melupakan keluarganya. Biar sudah mendapat teguran dari sang suami, Ia merasa tindakannya adalah sebuah hal yang benar dan tidak boleh dibiarkannya begitu saja. Rae sudah cukup banyak menghabiskan waktu tersebut dan Ia tidak mau menjadi sebuah hal yang sia-sia.

10-picture5
Courtesy of Twentieth Century Fox Film Corporation © 1979

Martin Ritt, sutradara film ini menyajikan sebuah film drama politik yang mengangkat kehidupan sosial para pekerja di Amerika di era 1970-an. Nuansa apartheid masih sedikit terbawa, dimana rasisme akan hitam-putih masih cukup kontras ditampilkan di dalam film ini. Sally Field membawakan sebuah penampilan yang powerful dan mengesankan. Sosoknya sebagai tokoh utama dari cerita ini mampu diperankannya dengan sangat apik, yang juga akan mampu untuk menyentuh penonton dengan keadaannya.

10-picture1
Courtesy of Twentieth Century Fox Film Corporation © 1979

Mengutip kata Norma Rae saat Ia berbicara kepada anak-anaknya, “Now you kids, you know what I am, and you know what I believe and stand up what I think it’s right.” Sosok Norma Rae yang begitu tegas mampu diperankan Sally Field dengan gemilang. Tidak heran Ia berhasil menyabet beberapa penghargaan sebagai Best Actress, mulai dari Cannes hingga Academy Awards. Mungkin, tanpa Field, film ini akan terlihat sesuatu yang membosankan.

Film ini mencoba menyadarkan kepada penonton, bahwa setiap orang tetap akan mampu untuk melakukan sebuah perubahan untuk orang banyak, selama Ia mau untuk berusaha keras akan hal tersebut. Seperti yang dilakukan karakter utama di film ini. Saya mengambil sebuah kutipan Norma Rae, “I’m not perfect. I make mistakes.” Walaupun dirinya sadar akan keterbatasan yang dimilikinya, sosok Rae memang tidak sempurna, tetapi Ia mencoba untuk menjadi terlihat lebih sempurna.

Norma Rae (1979)
110 menit
Drama
Director : Martin Ritt
Writer: Irving Ravetch, Harriet Frank Jr.
Full Cast : Sally Field, Beau Bridges, Ron Leibman, Pat Hingle, Barbara Baxley, Gail Strickland, Morgan Paull, Robert Broyles, John Calvin, Booth Colman, Lee de Broux, James Luisi, Vernon Weddle, Gilbert Green, Bob Minor, Mary Munday,Jack Stryker, Gregory Walcott, Noble Willingham, Lonny Chapman, Bert Freed, Bob Hannah, Edith Ivey, Scott Lawton, Frank McRae, Gerry Okuneff, Gina Kaye Pounders, Henry Slate, Melissa Ann Wait, Joe Dorsey, Sherry Velvet Foster, Grace Zabriskie, Stuart Culpepper, Weona T. Brown, Carolyn Danforth, James W. Harris, Charlie Briggs, Billie Joyce Buck, Fred Covington, J. Don Ferguson, Sandra Dorsey, Harold E. Finch, Clayton Landey, Bill Pannell, George R. Robertson, Thomas D. Samford III, Roy Tatum
#10 – Norma Rae (1979) was last modified: Mei 29th, 2021 by Bavner Donaldo