Kehadiran Bitcoin, tentu sudah tidak awam bagi sebagian orang. Ada yang bahagia, ketika Bitcoin di masa keemasanya, ada pula yang kecewa ketika nilai mata uang ini anjlok di pasaran. Setelah sempat membahas Bitcoin 5 tahun yang lalu, sutradara dokumenter Torsten Hoffmann membawa kita ke sebuah lanjutan mengenai Bitcoin lewat “Cryptopia: Bitcoin, Blockchains and the Future of the Internet.”

Film dokumenter berdurasi 86 menit ini secara gamblang dapat dibagi ke dalam tiga bagian besar. Pertama, Hoffmann akan berbicara dan membawa penonton kembali dengan Bitcoin, lalu masuk ke bahasan Blockchains, dan terakhir ditutup dengan wacana masa depan internet. Dalam memaparkan potongan-potongan interview-nya, Ia tidak macam-macam. Film ini akan membawa penonton menyaksikan perjalanan Hoffmann ke empat benua, yang dimulai dari kota Melbourne, Hong Kong, Tokyo, Berlin, sampai Los Angeles. Akan ada cukup banyak narasumber yang terlibat, salah satunya CEO Bitcoin.com, Roger Ver.

cryptopia
Courtesy of 3D Content Hub © 2020

Cara bercerita film dokumenter ini mengingatkan saya dengan bagaimana sajian National Geographic. Kita akan dihidangkan cukup banyak sajian animasi yang menjabarkan pemahaman dunia mata uang krypto ke penonton awam. Baiknya, penjelasan yang diberikan cukup mudah dipahami, yang kadang disertai dengan analogi-analogi.

517 picture3
Courtesy of 3D Content Hub © 2020

Sayangnya, tontonan ini lebih terasa begitu edukatif buat saya. Semacam menikmati perjalanan Hoffmann untuk mengumpulkan informasi dari setiap narasumbernya, dan kemudian seperti menjelaskan kembali ke penonton dari sudut pandangnya. Kadang agak terasa mirip dengan cara Michael Moore, namun tidak dengan kenekatan-kenekatan Moore. Plusnya, penjelasan materi Cryptopia cukup terstruktur. Setiap bagian akan terdiri dari poin-poin intisari bahasan, yang kadang jarang dipakai. Efek sampingnya, Hoffmann terlalu sering menampilkan poin-poin tersebut ketika Ia menambahkan poin baru, ataupun mencoret poin yang telah dituliskannya, seolah kita menikmati cara pola pikir si pencerita.

517 picture2
Courtesy of 3D Content Hub © 2020

Positifnya, anda akan cukup diedukasi dengan informasi terkait Bitcoin ataupun Blockchains, juga bagaimana peranan mereka untuk memutus rantai para medium yang bekerja dibalik transaksi kartu kredit kita, ataupun semangat mengalahkan dominasi Dolar di pasar mata uang, serta bagaimana masa depan internet. Ketimbang klip-klip Youtube mengenai Bitcoin yang masih perlu ditinjau kembali narasumbernya, “Cryptopia” adalah jawaban yang tepat untuk mengupas crypto. So educative!

Cryptopia: Bitcoin, Blockchains and the Future of the Internet (2020)
G, 86 menit
Documentary
Director: Torsten Hoffmann, Michael Watchulonis
Writer: Torsten Hoffmann

#517 – Cryptopia: Bitcoin, Blockchains and the Future of the Internet (2020) was last modified: Juli 6th, 2021 by Bavner Donaldo